RENCANA HASIL KERJA GURU

5:30 AM

 


Perencanaan Pengembangan Kompetensi dianjurkan memiliki rentang poin minimum antara 32 (tiga puluh dua) dan 128 (seratus dua puluh delapan dalam satu semester) (Perdirjen GTK/Nomor7607/B.B1/HK.03/2023). Poin tersebut diperoleh dengan memilih Rencana Hasil Kerja' yang efektif dan berdampak bagi diri sendiri, komunitas pendidikan, maupun Satuan Pendidikan. Panduan berikut dapat membantu Anda menghitung poin pada tahap pengembangan kompetensi.

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/26037247064217-Tentang-Poin-di-Pengembangan-Kompetensi-untuk-Guru

RENCANA HASIL KERJA GURU RENCANA HASIL KERJA GURU Reviewed by EDI SANTOSO on 5:30 AM Rating: 5

PERANGKAT PEMBELAJARAN SMA 2023

7:01 PM

 SALAM EDUKASI




Jumpa lagi dengan saya Mr. Edi di Blogger Calonsangguru.blogspot.com. Kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam rangka menyiapkan perangkat pembelajaran bagi Bapak/Ibu Guru yang mengajar di Tingkat Pendidikan Menengah Atas (SMA). Berikut sy berikan link untuk siapa saja yang membutuhkan CP (Capaian Pembelajaran) berdasarkan Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BSKAP) N0. 33 tahun 2022. CP ini menjadi acuan dasar bagi guru untuk merancang Tujuan Pembelajaran, dan Modul ajar.

Capaian Pembelajaran untuk semua jenjang

9 Dimensi Elemen Profil Pelajar Pancasila 

Form Analisis CP menjadi ATP 

Form Jurnal Mengajar

 

Baca Juga

Materi Pembelajaran Bahasa Inggris SMA

PERANGKAT PEMBELAJARAN SMA 2023 PERANGKAT PEMBELAJARAN SMA 2023 Reviewed by EDI SANTOSO on 7:01 PM Rating: 5

VISITING TOURISM OBJECT

11:06 PM

 

SALAM EDUKASI

Apa khabar semuanya, mudah-mudahan senantiasa sehat dan bahagia selalu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang Deskriptive text, dengan tema visiting tourism object. 

But.. sebelum itu, ada salah satu lagu legendaris dari tahun 2010, Just The Way You Are karya Bruno Mars. Nih dengerin lagunya sambil baca blog ini, enjoy! Lagunya berhubungan  dengan topik kita kali ini lho.


 

Lagu tersebut diawali dengan lirik seperti ini:

Oh, her eyes, her eyes

Make the stars look like they’re not shinin’

Her hair, her hair

Falls perfectly without her tryin’

She’s so beautiful and I tell her everyday

Yeah, I know, I know

When I compliment her, she won’t believe me

And it’s so, it’s so

Sad to think that she don’t see what I see

But every time she asks me, “Do I look okay?”

I say …”

 

Keren abis ya lagunya... demikianlah cara Bruno mendeskripsikan sosok wanita. So sekarang ada gambaran ya apa itu descriptive text. 

Definisi Descriptive Text

Descriptive text adalah suatu teks yang menjelaskan atau mendeskripsikan orang, hewan atau benda. Penjelasan atau deskripsi ini meliputi bentuk, sifat, jumlah, dan lain-lain. 


Struktur Descriptive Text

Kalau belajar materi tentang descriptive text tapi cuma bahas pengertian descriptive text, kayaknya kurang ya. Yuk, kita belajar strukturnya juga.

  • Identification (identifikasi): gambaran umum tentang suatu topik.  

Bagian ini biasanya ada di paragraf awal. Struktur descriptive text ini bertujuan untuk menjabarkan apa yang akan dibicarakan di paragraf tersebut. Makanya baru berupa informasi general.

  • Description (deskripsi): penjelasan berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan.

Kalau kita mau deskripsiin gunung misalnya, bisa dimulai membahas tentang ketinggiannya, jaraknya hingga temperatur saat berada di situ.

Language Features Descriptive Text

Gimana sih bikin teks deskripsi bahasa inggris? Selain struktur descriptive text, elo perlu tahu juga tentang language feature-nya atau karakteristiknya. Apa saja? Yuk, lihat di bawah ini.

  • Specific participant: memiliki objek tertentu, tidak bersifat umum dan unik (hanya ada satu). Misalnya: Uncle Jack, Borobudur Temple.
  • Penggunaan adjective (kata sifat) untuk memperjelas noun (kata benda). Misalnya: a handsome man, a beautiful woman.
  • Penggunaan simple present tense: Pola kalimat yang digunakan adalah simple present karena menceritakan fakta dari objek yang dideskripsikan.
  • Action verbs: terdapat kata kerja yang menunjukkan sebuah kegiatan (aktivitasnya dapat dilihat). Misalnya: run, walk, cut, etc.

 Berikut contoh descriptive text



    Borobudur Temple Borobudur temple is one of the most beautiful tourist resorts in Indonesia. It is situated in central Java. Borobudur temple is one of the seven wonders of the world which needs to be preserved its circumstances. The people all over the world know that Borobudur is one of the greatest art works that ever known since long time ago. 

    Borobudur temple was built by Syailendra Dynasty during the eighth century. It needed more than two million river stones. It is the biggest temple in the world.

    After going into some restorations, Borobudur is visited by more and more tourists, both domestic and foreign tourists. Most of them admire Borobudur temple because of its beauty, its elegance and the story of the relief on its walls. 

    Domestic tourists usually go there by bus or private cars, while foreign tourists like to join travel bureau because they don’t need to think of the transportation, accommodation, and itinerary. There are some money changers around the location. It makes them easier to change their money. But some of them like to bring credit cards and checks. 


Task 1

Task 2

VISITING TOURISM OBJECT VISITING TOURISM OBJECT Reviewed by EDI SANTOSO on 11:06 PM Rating: 5

TEKS KHUTBAH JUM'AT: KETAQWAAN ZAHID DAN ZULFAH

4:44 PM

 

KETAQWAAN ZAHID DAN ZULFAH
MATERI KHOTBAH JUM’AT

 

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu wa nastaghfiruh, wa na’udzubillahi min syururi anfusina wa min sayyiati a’malina man yahdillah fala mudhilla lah wa man yudhlilhu fala haadiya lah”
Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuluhu. Allahuma sholli wa salim ala Muhammad wa alla alihi wa shahbihi wa ma wallah.
QOLALLAHU TA'ALA FIL QUR'ANIL KARIM A'UDZUBILLAHI MINAS SYAITHONIR ROJIM BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM
"YAA ayyuhalladziina amana ittaqullaaha haqqo tuqotih. Wa la tamutunna illa wa antum muslimun”
Fainna ashdaqal hadits kitabaLLAH wa khairal hadyi hadyu Muhammad Salallahu'alaihiwassalam, wa syarral ‘umuri muhdatsatuha, Wa kulla muhdatsatin bid’ah wa kulla bid’atin dhalalah wa kulla dhalalatin fin nar… Ammaba’du
 

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang insyaAllah selalu berada dalam naungan rahmat dan hidayah Allah SWT Tak henti-hentinya kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam; karunia yang teramat besar yang Allah karuniakan kepada hambahamba-Nya. Semoga kita selalu termasuk yang mendapatkan hidayah-Nya serta berada dalam keadaan Iman dan Islam hingga akhir hayat kita. Dan tentunya, shalawat serta salam semoga selalu tercurah tak henti-hentinya kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya.
Hadirin Jemaah Jum’at yang dirahmati Allah

Allah SWT menggariskan bahwa kemuliaan seseorang dihadapan-NYA tidak dilihat seberapa kekayaannya, sebagus apa raut wajahnya atau setinggi apa kekuasaan dan pangkatnya. Tetapi seberapa derajat ketakwaannya kepada Allah SWT. sebagaimana firman Allah pada Qur’an Surat Al Hujurat Ayat 13 penghujung:
 
inna akromakum ‘indalloohi atqookum artinya Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu
Dari ayat di atas jelas dipahami bahwa kemuliaan seseorang dihadapan Allah dilihat dari kualitas ketakwaannya kepada Allah yang itu dapat dicapai melalui usaha yang dilakukan manusia.
 

Hadirin Jemaah Jum’at rakhimakumullah
Pada zaman Rasulullah SAW hiduplah seorang pemuda bujangan yang bernama Zahid yang berumur 35 tahun, tinggal di Suffah masjid Madinah. Suatu saat  Rasulullah SAW menyuruhnya untuk segera menikah. Zahid menjawab, “Ya Rasulullah, aku ini seorang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap dan wajahku jelek, siapa yang mau denganku ya Rasulullah?”.
Kemudian Rasulullah SAW meminta sahabat untuk membuat surat lamaran kepada wanita yang bernama Zulfah binti Said, anak seorang bangsawan Madinah yang terkenal kaya raya dan terkenal sangat cantik jelita.
Ketika surat itu diberikan kepada Said ayah Zulfah, agak terperanjat karena tradisi bangsa Arab perkawinan selama ini biasanya seorang bangsawan harus kawin dengan keturunan bangsawan dan yang kaya harus kawin dengan orang kaya, itulah yang dinamakan SEKUFU.
Dan ketika Zulfah datang, dia berkata “Wahai anakku, ini adalah seorang pemuda yang sedang melamar engkau supaya engkau menjadi istrinya,” kata ayahnya. Di saat itulah Zulfah melihat Zahid sambil menangis sejadi-jadinya dan berkata, “Wahai ayah, banyak pemuda yang tampan dan kaya raya semuanya menginginkan aku, aku tak mau ayah!” dan Zulfah merasa dirinya terhina.
Maka Said berkata kepada Zahid, “Wahai saudaraku, engkau tahu sendiri kan, bukan aku tidak mau, bukan aku menghalanginya dan sampaikan kepada Rasulullah bahwa lamaranmu ditolak.” Mendengar nama Rasul disebut ayahnya, Zulfah berhenti menangis dan bertanya kepada ayahnya, “Wahai ayah, mengapa membawa-bawa nama Rasul?”.
 

Akhirnya Said berkata, “Ini yang melamarmu adalah perintah Rasulullah.” Maka Zulfah istighfar beberapa kali dan menyesal atas kelancangan perbuatannya itu dan berkata kepada ayahnya, “Wahai ayah, kenapa sejak tadi ayah tidak berkata bahwa yang melamar ini Rasulullah, kalau begitu segera aku harus dikawinkan dengan pemuda ini. Karena ingat firman Allah:
Innamā kāna qaulal-mu`minīna iżā du'ū ilallāhi wa rasụlihī liyaḥkuma bainahum ay yaqụlụ sami'nā wa aṭa'nā, wa ulā`ika humul-mufliḥụn.
 

“Sesungguhnya jawaban orang-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan. Kami mendengar, dan kami patuh/taat”. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. An Nuur, 24 : 51)
Zahid pada hari itu merasa jiwanya melayang ke angkasa sesampai di masjid ia bersujud syukur. Dikarenakan Zahid tidak mempunyai sedikit pun harta maka Rasulullah menyuruhnya pergi ke  Abu Bakar, Ustman, dan Abdurrahman bin Auf.
Setelah mendapatkan uang yang cukup banyak, Zahid pergi ke pasar untuk membeli persiapan perkawinan. Pada saat yang sama itulah Rasulullah SAW menyerukan umat Islam untuk berperang menghadapi kaum kafir yang akan menghancurkan Islam.
Ketika  Zahid sampai di masjid, dia melihat kaum Muslimin sudah siap-siap dengan perlengkapan senjata, Zahid bertanya, “Ada apa ini?”. Sahabat menjawab, “Wahai Zahid, hari ini orang kafir akan menghancurkan kita, maka apakah engkau tidak mengerti?”.
Zahid istighfar beberapa kali sambil berkata, “Wah kalau begitu perlengkapan kawin ini akan aku jual dan akan ku belikan kuda yang terbagus.” Para sahabat menasehatinya, “Wahai Zahid, nanti malam kamu berbulan madu, tetapi engkau hendak berperang?”. Zahid menjawab dengan tegas, “Itu tidak mungkin!”.
Lalu Zahid membaca ayat di surat At Taubah sebagai berikut,
Qul ing kāna ābā`ukum wa abnā`ukum wa ikhwānukum wa azwājukum wa 'asyīratukum wa amwāluniqtaraftumụhā wa tijāratun takhsyauna kasādahā wa masākinu tarḍaunahā aḥabba ilaikum minallāhi wa rasụlihī wa jihādin fī sabīlihī fa tarabbaṣụ ḥattā ya`tiyallāhu bi`amrih, wallāhu lā yahdil-qaumal-fāsiqīn

“Jika bapak-bapak, anak-anak, suadara-saudara, istri-istri kaum keluargamu, harta kekayaan  yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih baik kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya (dari) berjihad di jalan-Nya. Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.” (QS. At Taubah, 9 : 24)
Zahid ikut peperangan namun akhirnya Zahid mati syahid di jalan Allah. Rasulullah berkata, “Hari ini Zahid sedang berbulan madu dengan bidadari yang lebih cantik dari pada Zulfah.”
Lalu Rasulullah membacakan Ayat; “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rizki. Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS Ali ‘Imran, 3 : 169-170)
Pada saat itulah para sahabat meneteskan air mata dan Zulfah pun berkata, “Ya Allah, alangkah bahagianya calon suamiku itu, jika aku tidak bisa mendampinginya di dunia izinkanlah aku mendampinginya di akhirat.”
Subhaanallah bagaimana Zahid dan Zulfah memperlihatkan apa yang datang dari Allah dan Rasul-Nya lebih utama dari keinginan mereka. Sebuah bentuk ketaqwaan yang luar biasa.
Hadirin Jemaah Jum’at rakhimakumullah
Begitu beratnya menjadi orang bertakwa, Allah SWT menjanjikan keutamaan yang sangat besar, salah satunya sebagaimana firman Allah SWT :
 



Terjemahnya: …dan barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar (QS. At Talaq ayat 2)
 


Terjemahnya: Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya (QS. At Talaq ayat 3)
Dari ayat tersebut, Allah SWT memberikan karunia yang luar biasa bagi orang yang bertakwa, yaitu memberikan jalan keluar dari segala macam persoalan kehidupan. Setiap manusia dalam kehidupannya pasti dihadapkan oleh permasalahan-permasalahan kehidupan.
Allah SWT memberikan jaminan apabila yang menghadapi masalah adalah orang yang bertakwa, maka Allah memberikan jalan keluarnya. Termasuk apabila yang dihadapi terkait masalah ekonomi, maka Allah akan memberikannya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka datangnya.
Itu adalah balasan Allah bagi orang bertakwa di dunia, sementara dalam kehidupan di akhirat Allah menjanjikan sebagaimana firman-Nya :
 

 

Terjemah: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa. (QS. Al-Qamar ayat 54-55)
 

Demikian keutamaan yang akan diperoleh bagi orang-orang yang bertakwa.Semoga kita termasuk hamba Allah yang dapat meneladani ketaqwaan dari Zahid dan Zulfah dan diberi kekuatan dan keistiqomahan untuk dapat senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita dalam rangka menggapai kebahagiaan di dunia terlebih di akhirat kelak. Amin ya robbal alamin.
Demikian khutbah yang singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

 
Barakallah li wa lakum fil qur’anil ‘adzim wa nafa’ani wa iyyakum bima fihi minal ayati wa dzikril hakim, wa taqobbala minni wa minkum tilawatahu innahu huwas sami’ul ‘alim” .Aquulu qoulii haadza. wastaghfirullah al-‘adzim li wa lakum, innahu huwal ghofuru rohim”
 

DUDUK
Alhamdulillahilladzi hadana lihadza wama kunna linahtadiya laula anhadanallah. Asyhadu alla ilaha illallah waashadu anna Muhammadn abduhu warasuluhU LA NABIYA BA’DAH
innAllaha wa malaikatahu yusholluna alan nabiy, ya ayyuhalladzina amanu shollu alaihi wa sallimu taslima”
Asyhadu alla ilaha illallah waashadu anna Muhammadn abduhu warasuluh, Allahuma sholli wa salim wa barik ala Muhammad wa ala alihi washahbihi ajma in.
“Allahummaghfir lil muslimina wa muslimat wal mukminina wal mukminat al-ahya minhum wal amwat inaka sami’un qoribun mujibud da’wat ya qodhiyal hajat”
Robbi firli wali wali daya warham huma kam robayani sogiro.
Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“

“Robbana latuzig qullubana ba’daidz haddaitana wahabblana miladunka, rohmatan innaka antal wahab”
Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a'yun, waja'alna lil muttaqina imama
“Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar“

Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifuna wa salamun 'alal mursalina wal hamdulillahi rabbil 'alamina
Ibadallah InnAllaha yakmuru bil ‘adli wal ihsan wa iytaai dzil qurba, wa yanha ‘anil fahsyaai wal munkar wal bagy. ya’idzukum la’alakum tadzakkarun.
Fadzkurullah al-‘adzima yadzkurkum, wasykuruhu ‘ala ni’amihi yazidkum, was’aluhu min fadlihi yu’thiykum. wala dzikrullahi akbar, Aqimus sholah.
 


 


 

TEKS KHUTBAH JUM'AT: KETAQWAAN ZAHID DAN ZULFAH TEKS KHUTBAH JUM'AT: KETAQWAAN ZAHID DAN ZULFAH Reviewed by EDI SANTOSO on 4:44 PM Rating: 5

BASIC LISTENING ENGLISH FOR BEGINNERS

6:56 PM

SALAM EDUKASI

Apa khabar semuanya, semoga anda semua senantiasa sehat selalu. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang materi listening untuk pemula.

Listening adalah pemahaman kita dalam mendengar bahasa inggris. Baik itu secara langsung ataupun melalui media seperti musik atau film.

Listening merupakan materi yang penting dalam bahasa inggris karena kita harus bisa mengetahui apa yang orang katakan pada kita. Untuk dapat menguasai listening kita harus benar-benar memahami kata-kata yang kita dengar.

Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, kegiatan menyimak dapat dilakukan dengan metode-metode pembelajaran yang menarik. Dalam hal ini tergantung guru yang membelajarkan listening, apakah pembelajaran listening disampaikan secara efektif atau tidak.

LISTENING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

 A.  Film Membiasakan Mendengar Bahasa Inggris

Tujuan yang tentunya ingin dicapai dengan menggunakan film sebagai media pembelajaran, adalah membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris, kita dapat menggunakan film dengan cara menghilangkan subtitle-nya. Hal itu dipercaya membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional.  Karena bahasa diyakini bisa dikuasai apabila sering berlatih. Kebingungan dengan kata-kata yang keluar adalah sensasi pertama yang akan kita hadapi. Ada dua manfaat ketika menggunakan film sebagai media pembelajaran, yaitu teknik pengucapan dan tambahan kosakata.

B.  Lagu Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Listening

Listening dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai liriknya akan membuat belajar listening bahasa Inggris yang menyenangkan. Dengan menggunakan lagu sebagai media, kita dapat belajar empat aspek pembelajaran listening sekaligus. Hal ini merupakan salah satu upaya pendekatan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam listening bahasa Inggris, juga untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.

Menggunakan lagu sebagai media pembelajaran listening dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.      Memilih lagu

Salah satu syarat dalam memilih lagu untuk meningkatkan listening adalah pemilihan lagu harus dengan pronounciation yang  jelas. Beberapa pendapat menyarankan agar pemilihan lagu untuk pemula yang ingin belajar listening, disarankan memilih lagu yang melankolis.

2.      Mendengarkan lagu

Pada kegiatan ini yang hanya dapat dilakukan adalah mendengarkan saja. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga dengan pengucapan bahasa inggris.

3.      Menyimak

Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini hanya perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutnya catat lirik yang diucapkan.

4.      Mencocokkan

Kegiatan terakhir untuk meningkatkan kemampuan listening dengan lagu adalah mencocokkan dengan lirik aslinya. Kemudian artikan lirik tersebut secara keseluruhan. Yang perlu diperhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya.

Practice

Task 1  Click Play button below to listen to the song to complete the missing lyrics

 

Ah-ah, ah-ah (ah-ah, ah-ah)

I  1.________ my weekends tryna get you off

My mind again, but I can't  2._________ it stop

I'm tryna  3.__________ I'm good, but you can tell (good but you can tell)

You're right, I shoulda text you goodnight

I shoulda  4.________________ more time

I wish I had've  5. ___________ this before

Now I'm replaying our goodbye

But it wasn't a goodbye

And I still hear you  6. ______________ the door

Try to hit you up, but you've had enough

You're screaming down the phone

"You don't know what you lost"

I say, "I'm fine, " I didn't care that much

But I  7. ____________ when you hang up, I messed this up

 

Lo puedo dejar para mí, jamás volverte a llamar

But baby no puedo engañarme a mí misma, no

Porque cada vez que me oyes, yo sé que tú me lees

Lo mejor será dejarte ir, y olvidarte

Try to hit you up, but he  8. ______________enough

Just screaming down the phone

"You don't know what you lost"

I say, "I'm fine, " I didn't care that much

But I realise when you hang up, I  9. ____________this up

I spend my weekends tryna get you off

My mind again, but I  10.________make it stop

I'm tryna pretend I'm good, but you can tell (uh)

'Cause you know me too, you know me too well

 

 Task 2.  Watching Movie entitled "Mothers Day"

a. Play this video link to watch the movie


 

 b. Cklic the link to answer the question based on the movie:


Task 3. Click Play button below to listen to the song to complete the missing lyrics

a. The lyrics

I can show you the world
1.____________,2.___________3.____________
Tell me, princess, now when did
You last let your heart decide?
I can open your eyes
Take you wonder by wonder
Over, sideways and under
On a magic carpet ride
A whole new world
A new 4.___________ point of view
No one to tell us, "No"
Or where to go
Or say we're only dreaming

A whole new world
A 5._________ place I never knew
But when I'm way up here
It's crystal clear
That now I'm in a whole new world with you
(Now I'm in a whole new world with you)
6.______________ sights

7. _________________ feeling

8._________,9.___________,10. _______________

Through an endless diamond sky

A whole new world (don't you dare close your eyes)

A hundred thousand things to see (hold your breath, it gets better)

I'm like a shooting star, I've come so far

I can't go back to where I used to be

A whole new world

With new horizons to pursue

I'll chase them anywhere

There's time to spare

Let me share this whole new world with you

A whole new world (a whole new world)

A new fantastic point of view

No one to tell us, "No"

Or where to go

Or say we're only dreaming

 

 b. Say the answers orally from no 1 to no 10


Task 4. Tentang EPT

EPT (English Proficiency Test) adalah tes untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris . Tes ini  mencakup kecakapan Listening, Structure, dan Reading.

a. Latihan basic listening lesson#1(step 1, 2, &3)  KLIK THIS LINK

b. Tuliskan di selembar kertas,  apa saja pengalaman Anda dengan latihan di poin a di atas bisa terkait dengan strategi anda dan kesulitan apa saja yang dihadapi, dipoto, lalu kirim ke group wa MK Basic Listening.

Task 5. Try Out of EPT for Reading.

a. Latihan Reading Practice Set 1 Click this link

b. Tuliskan di selembar kertas,  apa saja pengalaman Anda dengan latihan di poin a di atas bisa terkait dengan strategi anda dan kesulitan apa saja yang dihadapi, dipoto, lalu kirim ke group wa MK Basic Listening.

 

Task 6. Post Test. Click this link 

 

 

BASIC LISTENING ENGLISH FOR BEGINNERS BASIC LISTENING ENGLISH FOR BEGINNERS Reviewed by EDI SANTOSO on 6:56 PM Rating: 5
Powered by Blogger.