MEMBACA/READING PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA

 


SALAM EDUKASI

Kali ini kita akan membahas materi tentang membaca dalam Bahasa Inggris. Membaca (reading) adalah merupakan salah satu dari ke empat skill (kemampuan) dalam Bahasa Inggris yang harus dikuasai siswa. Membaca menempati urutan ke-3 setelah kemampuan mendengar (listening), dan berbicara (speaking).

Dalam memahami teks bahasa Inggris, kemampuan yang sering diuji adalah memahami judul, topik dan ide pokok serta informasi tertentu dari suatu bacaan. Berikut ini contoh teks dan memahami bagian-bagiannya.



 

Dari contoh teks di atas judul (title) menempati baris pertama dari sebuah teks. Seringkali teks tidak menampilkan judul maka dari itu kita dituntut untuk mampu menentukan judul yang tepat dari suatu teks. Judul biasanya mengandung topik (topic) dari pembahasan yang diulas.  Pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah terkait dengan ide pokok (main idea) dari suatu teks. Ide pokok merupakan gagasan yang akan menjadi pembahasan paling banyak atau dominan dari suatu teks. Sehingga seperti contoh di atas jika main ideanya adalah "there  are positive effects of  online learning to students" maka paragraf selanjutnya akan berbicara tentang efek positif tersebut. Perlu ditandai juga pada umumnya idea pokok muncul di akhir dari paragraf pertama, walaupun tidak selalu. Selanjutnya pertanyaan lain yang sering muncul adalah terkait reference (mengacu pada). Pada teks di atas kata them mengacu pada younger students.

Dari contoh penjelasan di atas maka biasanya pertanyaan pemahaman teks yang sering muncul di antaranya adalah:

  • What is the title of the text?
  • What is the topic of the text?
  • What is the main idea of the text?
  • What does the word ... refer to ..

Demikian sedikit penjelasan tentang memahami teks Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. berikut untuk kegiatan latihan

Kelas 10

Kelas 11

Kelas 12

MEMBACA/READING PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA MEMBACA/READING PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA Reviewed by EDI SANTOSO on 7:19 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.